Jumat, Mei 3, 2024

Permata Photojournalist Grant sorot figur perempuan inspiratif Indonesia di edisi ke-12 

Must read

PermataBank Dukung Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Indonesia dalam Perayaan Permata Photojournalist Grant ke-12 (“PPG XII”)

Tahun ini, perjalanan Permata Photojournalist Grant telah menginjak edisi ke-12. PermataBank bersama PannaFoto Institute merayakannya dengan mengangkat tema “Inspiration” terinspirasi dari perjuangan perempuan Indonesia yang berkontribusi nyata bagi keluarga, komunitas dan lingkungan sekitar mereka tinggal.

Hal ini pun sejalan dengan komitmen Business 20 (B20) Indonesia dalam rangkaian Komite Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali beberapa waktu lalu yang menyoroti kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Peserta PPG kali ini, berasal dari berbagai kota di Indonesia dan telah mengikuti pelatihan daring sejak 14 Maret hingga 1 Juni 2023 lalu. Agus Susanto (Harian Kompas) turut menilai portoflio kandidat peserta, sementara hasil karya peserta dikurasi secara langsung oleh Rosa Panggabean dan Yoppy Pieter (Fotografer, Alumni & Mentor PPG). 

Para peserta pun berkesempatan mendapatkan materi pelatihan yang disampaikan oleh mentor-mentor kredibel dari PannaFoto Institute dan alumni PPG seperti Edy Purnomo, Rosa Panggabean, Yoppy Pieter, Abriansyah Liberto dan Riska Munawarah, serta mentor asal Kroasia (Saša Kralj), Belanda (Jenny Smets), praktisi media (Tri Joko Her Riadi) dan aktivis pangan dan dosen (Widya Hasian Situmeang).

Selama proses pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengembangkan narasi foto sesuai dengan topik pilihan yang menggarisbawahi kisah para perempuan yang menginspirasi.

Dayan Sadikin, Direktur PermataBank, mengatakan, “PermataBank memiliki visi untuk menjadi bank pilihan dengan terus membina kemitraan dan menciptakan nilai bermakna bagi seluruh pemangku kepentingan. Di PermataBank, kami pun percaya bahwa pendidikan menjadi faktor yang sangat penting dalam menciptakan perubahan signifikan menuju masyarakat yang lebih baik.”

“Salah satu komitmen PermataBank dalam memajukan pendidikan bangsa diwujudkan melalui Permata Photojournalist Grant (PPG) yang kami dedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Kami berharap, PPG dapat memberikan ruang belajar di mana para pewarta foto Indonesia dapat mengasah keterampilan mereka dan menciptakan karya yang lebih relevan lagi bagi masyarakat.”

Dalam kesempatan yang sama, Ng Swan Ti, Managing Director PanaFoto Institute, menyampaikan, “Tema “Inspiration”  yang diangkat tahun ini sangat bermakna, karena kami terinspirasi dari perempuan-perempuan Indonesia yang tangguh dan berperan sangat besar untuk memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarganya, dari lingkup domestik hingga dalam lingkup sosial yang lebih luas di komunitas mereka. Tema PPG tahun ini yang berakar dari semangat mendukung pengarusutamaan gender dalam segala bidang, khususnya dunia jurnalisme foto yang sepi dari pewarta foto perempuan.”

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article