Sabtu, April 27, 2024

Snapdragon 7+ Gen 2, pertama di dunia chipset high-range sensasi flagship

Must read

Belum lama ini chipset kelas high-range Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 melakukan debutnya di hape POCO F5, yang telah dirilis untuk pasar global. Jika diperhatikan sesuai serinya, Snapdragon 7+ Gen 2 ini merupakan chipset terbaru dari Qualcomm.

Walaupun demikian, ternyata Snapdragon 7+ Gen 2 ini memiliki berbagai macam kelebihan yang jauh lebih unggul dibandingkan pendahulunya, bahkan mungkin bisa disejajarkan dengan seri-seri di atasnya. Penasaran dengan keunggulan chipset ini? Yuk, kita simak sama-sama.

Performa Snapdragon 7+ Gen 2

Sejumlah peningkatan pada Snapdragon 7+ Gen 2 tampak signifikan dibanding Snapdragon 7 Gen 1, pendahulunya. Pada prosesor (CPU), contohnya, kecepatan clock Snapdragon 7+ Gen 2 mencapai 2,92 GHz, atau lebih cepat hingga 50%.

Ini adalah kali pertama Snapdragon 7-series menggunakan Arm Cortex X-series untuk core CPU-nya, sama dengan yang digunakan oleh seri flagship Snapdragon 8 Gen 1. Kalau dirinci, delapan core Snapdragon 7+ Gen 2 terdiri atas 1 core utama berbasis Arm Cortex X2, 3 core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, dan 4 core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510.

Dengan begini, konfigurasi core di CPU Qualcomm Kryo milik Snapdragon 7+ Gen 2 menjadi sama dengan milik Snapdragon 8 Gen 1. Bahkan kecepatan clock masing-masing core di antara kedua chipset tersebut terpaut sangat tipis. Berikut ini perbandingannya.

Perbandingan core Snapdragon 7+ Gen 2 dengan Snapdragon 8+ Gen 1 tiap cluster­-nya

 Snapdragon 7+ Gen 2Snapdragon 8+ Gen 1
1 Core utamaArm Cortex X2 (2,92 GHz)Arm Cortex X2 (3 GHz)
3 Core performaArm Cortex A710 (2,45 GHz)Arm Cortex A710 (2,5 GHz)
4 Core efisiensiArm Cortex A510 (1,8 GHz)Arm Cortex A510 (1,8 GHz)

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia, mengungkapkan, “Snapdragon 7+ Gen 2, tuh, unik benget. Berada di kelas high-range, kalau dibandingkan dengan chipset flagship Snapdragon 8+ Gen 1, tipis banget beda kecepatannya. Beneran Snapdragon 7+ Gen 2 ini chipset high-range rasa flagship!

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya
- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article