Minggu, Oktober 2, 2022

Tampil di media? Ada rahasianya

Must read

Salah satu cara yang efektif mempromosikan bisnis adalah dengan tampil di media besar, baik itu media elektronik, cetak, bahkan online. Tapi tentu saja, tidak mudah untuk bisa tampil di media, apalagi untuk UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) atau bisnis yang baru merintis.

Bisa sih pakai jalan pintas, dengan memasang iklan di media yang kita inginkan. Tapi tarifnya cukup mahal. Lalu? 

Menghubungi wartawan yang bekerja di salah satu media ternama, tentu tidak mudah. Pertama, kita tidak kenal wartawan tersebut, juga tidak punya nomer kontaknya. Kedua, kalau pun sudah terhubung, bisnis kita belum dikenal luas, dan belum ada sesuatu hal yang membuat layak muat atau layak tayang di media tersebut.

Memang tidak ada yang instan, semuanya butuh proses. Perusahaan besar yang sadar dengan kegiatan publikasi di media, akan membentuk divisi “public relations”, yang salah satu kegiatannya adalah media relations. Menurut Jefkins (2003), media relations adalah usaha untuk mencapai publikasi atas suatu pesan atau informasi PR dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. 

Apa sih yang dilakukan media relations? Di antaranya adalah: 1) Mendistribuikan press release, 2) Mengadakan konferensi pers, 3) Mengadakan media gathering, 4) Menulis opinion editorial, 5) Menjadwalkan wawancara khusus, dan lain-lain yang berhubungan dengan publikasi.

Photo by John Schnobrich on Unsplash

Boleh dikatakan, perusahaan yang sadar dengan publikasi seyogyanya memiliki divisi public relations. Memang, untuk UMKM mempekerjakan seorang PR officer/ manager tentu sebuah kemewahan tersendiri. Nah, biasanya pekerjaan PR tersebut dilakukan oleh pemiliknya, atau dirangkap oleh salah satu direkturnya. Bahkan yang lebih sederhana, fungsi tersebut dilakukan oleh sekretaris atau seorang admin – ini sebenarnya tidak disarankan, karena disiplin ilmunya berbeda, kapabilitas orangnya berbeda pula.

Sebetulnya ada jalan lain yang masuk akal, yakni dengan memakai jasa pihak ketiga. Pertama, mereka biasanya sangat profesional, dan bisa menjalankan fungsi media relations seperti yang diharapkan. Kedua, bersifat adhoc, sesuai kebutuhan saja, jadi tidak harus merekrut khusus untuk organisasi perusahaan (sebagai karyawan).

Untuk informasi seputar media relations, hubungi Sabako Publicist.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article