Jumat, Mei 3, 2024

Terra Drone Indonesia adakan pelatihan pilot drone Batch 2

Must read

Dukung pilot prone bersertifikasi

Terra Drone Indonesia, perusahaan penyedia jasa dan teknologi drone industri, kini secara rutin mengadakan pelatihan pilot drone setiap bulannya melalui platform Terra Academy. Salah satu pelatihan yang disediakan adalah pelatihan persiapan sertifikasi remote pilot drone, di mana kurikulumnya sudah mencakup 12 Aeronautical Knowledge dari CASR 107.73 dan dievaluasi langsung oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Sertifikat kelulusan pelatihan menjadi syarat untuk mendaftar Remote Pilot Certificate di aplikasi Sistem Registrasi Drone, Pilot Drone dan Persetujuan Pengoperasian Drone (SIDOPI-GO). Dengan SIDOPI-GO, nantinya para pengguna drone dapat dengan mudah mengurus izin drone, remote pilot certificate dan persetujuan operasi pesawat tanpa awak.

Pelatihan yang disediakan Terra Drone Indonesia diperuntukan sebagai sarana edukasi sekaligus wadah para pengguna drone mendapatkan ilmu secara teori dan praktik, serta menjadi pilot drone bersertifikat yang artinya layak untuk menerbangkan drone di ruang udara.

Pemerintah melalui Permenhub No. 63 tahun 2021 juga mensyaratkan bagi seluruh pilot drone profesional untuk dapat mendaftarkan diri sebagai pilot drone dan mendapatkan remote pilot certificate (RPC). Terra Drone ditunjuk sebagai salah satu training provider untuk syarat mendapatkan RPC ini. 

Di tahun 2022 ini, Terra Drone Indonesia sudah menyelenggarakan 2 batch pelatihan sertifikasi pilot drone. Pelatihan batch 1 telah dilaksanakan pada 4-8 April 2022 lalu, sedangkan batch 2 baru saja selesai minggu kemarin (13-19/6/2022).

Pelatihan berlangsung secara daring dan luring, dimana peserta datang dari berbagai profesi. Ke depannya pelatihan persiapan sertifikasi drone akan lebih sering diadakan dengan menyasar para professional drone dan perusahaan yang beraktivitas menggunakan drone.

Michael Wisnu Wardana selaku Managing Director Terra Drone Indonesia mengungkapkan, “Tidak bisa dipungkiri, permintaan pilot drone yang tersertifikasi semakin tinggi untuk berbagai bidang industri, namun tidak dibarengi dengan jumlah pilot yang sudah bersertifikat. Kedepannya Terra Drone Indonesia akan melaksanakan pelatihan drone secara rutin dan akan dilaksanakan di berbagai kota dengan kurikulum yang tentunya yang telah disetujui DKPPU.”

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article