Sabtu, April 27, 2024

Bosan di rumah? Tips staycation aman saat pandemi

Must read

Ingin liburan setelah beberapa waktu ini di rumah saja, tetapi tidak ingin ribet mengurus izin atau masih khawatir pergi ke luar kota? Staycation adalah solusinya. Istilah staycation merujuk pada kegiatan berlibur tanpa meninggalkan area tempat tinggal. Saat ini, staycation sangat digemari karena merupakan opsi yang pas bagi mereka yang ingin menikmati suasana liburan namun terhalang oleh pandemi.

Tertarik untuk melakukan staycation tetapi masih ragu soal bagaimana cara yang aman? Berikut tips aman untuk staycation di saat pandemi. 

Cek kesehatan tubuh

Sebelum memutuskan untuk melakukan staycation, pastikan tubuh tidak dalam kondisi sakit atau kurang fit ya. Apabila memiliki dana lebih, tak ada salahnya untuk melakukan tes kesehatan terutama yang terkait dengan virus Covid-19 seperti rapid test ataupun swab test.

Atau bisa juga melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas hingga klinik dan RS terdekat. Beberapa penginapan biasanya akan melakukan screening kesehatan dasar seperti mengukur suhu tubuh kepada tamu hotel, jadi pastikan bahwa kamu tidak sedang sakit, ya. 

Membawa perlengkapan personal

Sangat penting untuk membawa perlengkapan yang sifatnya personal seperti alat mandi hingga alat untuk beribadah. Hal ini untuk menghindari penggunaan barang secara bergantian dengan banyak orang yang meningkatkan risiko terpapar virus.

Sejumlah penginapan biasanya menyediakan peralatan mandi gratis, jika kamu ingin menggunakannya maka pastikan bahwa alat mandi tersebut sudah disterilisasi. Hal yang sama berlaku untuk alat makan, pastikan alat makan yang kamu gunakan di penginapan sudah dalam kondisi higienis, atau jika ragu, kamu bisa menyiapkan sendiri alat makan pribadimu. 

Perhatikan protokol kesehatan di hotel

Penginapan tentu akan memberlakukan beragam aturan baru yang ketat demi mencegah penyebaran virus. Oleh sebab itu, saat melakukan staycation ingatlah untuk tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku di tempatmu menginap. Mulai dari jarak ketika mengantre hingga wajib cuci tangan sebelum memasuki ruangan. 

Gunakan perlengkapan untuk pelindung diri

Masker, face shield, hand sanitizer, hingga desinfektan ataupun air purifier menjadi perlengkapan tambahan yang sangat membantu ketika melakukan staycation. Selain membantumu untuk menangkal virus, perlengkapan ini juga dapat membantumu merasa lebih aman dan tenang ketika melakukan staycation. Terutama bagi yang membawa anak kecil, tentunya proteksi ekstra sangat diperlukan demi menjaga kesehatan buah hati. 

Hindari spot/area umum di penginapan

Jika biasanya kolam renang, gym, hingga rooftop bar adalah fasilitas yang tak pernah kamu lewatkan ketika menginap di hotel, untuk saat ini sebaiknya tidak dikunjungi. Hindari tempat-tempat yang ramai atau terdapat kerumunan orang. Hal ini untuk mencegah penularan virus yang bisa terjadi dalam jarak dekat melalui percikan ketika batuk, bersin, ataupun berbicara. Hindari pula menginap beramai-ramai dalam satu kamar, usahakan hanya bersama keluarga atau orang terdekat saja.

Bila kamu ingin membeli makanan dari restoran hotel, akan lebih aman bila takeaway saja atau mintalah petugas hotel untuk membawakannya ke kamarmu. Beberapa hotel juga sudah menerapkan penutupan fasilitas-fasilitas umum dan menggantinya dengan layanan pengantaran ke kamar. 

Itu dia beberapa tips staycation aman selama masa pandemi. Tertarik mencobanya?

Yuk book hotel berbintang dengan standar kesehatan yang mumpuni dengan harga miring hanya di Traveloka. Psst, jangan lupa nyalakan notifikasi aplikasi Travelokamu untuk mengikuti Flash Sale setiap hari Jumat ya, agar staycation-mu menjadi jauh lebih hemat. 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article