Sabtu, April 27, 2024

Dropshipping dengan AliExpress

Must read

Dropshipping merupakan salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dari internet. Di bisnis dropship Anda tidak perlu memikirkan masalah stok barang atau pengiriman. Anda juga tidak perlu mencari lokasi fisik atau menyewa pegawai sehingga bisnis dropship dapat dimulai dengan modal kecil.

Memulai bisnis dropshipping juga relatif sederhana, Anda mencari produk yang tepat (banyak dicari dan laris), Anda mencari supplier produk tersebut, dan Anda dapat memulai berjualan. 

AliExpress merupakan salah satu solusi yang dapat Anda pilih untuk mencari supplier yang dapat diandalkan. AliExpress merupakan marketplace yang memudahkan untuk mencari barang yang dapat Anda jual kembali melalui sistem dropshipping

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kelebihan dropshipping dengan AliExpress 

AliExpress merupakan marketplace global yang sudah berpengalaman dan mempunyai reputasi yang baik. Penjual AliExpress sudah terbiasa melakukan pengiriman internasional ke negara lain secara tepat dan akurat. 

AliExpress juga mempunyai jumlah penjual yang sangat banyak serta pilihan produk yang mencapai jutaan. Dengan besarnya jumlah katalog produk dan penjual yang ada, sangat mudah untuk menemukan produk yang tepat untuk Anda jual sesuai dengan ceruk pasar Anda. 

Dropshipping dengan AliExpress juga menguntungkan karena Anda tidak dipungut biaya langganan di depan seperti platform dropship kebanyakan. Anda dapat memulai dropshipping dengan AliExpress secara gratis sekarang juga. 

Terakhir, banyak penjual AliExpress yang menawarkan free shipping atau gratis ongkir sehingga Anda tidak perlu pusing lagi mengenai masalah pengiriman, pembeli pun merasa diuntungkan.

Memilih produk 

Langkah pertama dalam cara droshipping dengan AliExpress adalah memilih produk apa yang akan Anda jual. Langkah ini penting karena untuk menentukan konsep merek Anda seperti nama, logo, dan strategi pemasaran Anda nantinya. 

Untuk memilih produk Anda dapat menentukan berdasarkan minat anda terlebih dahulu. Jika Anda tertarik dengan gadget Anda bisa memilih gadget dan aksesorisnya. Jika Anda tertarik dengan olahraga Anda bisa menjual berbagai perlengkapan olahraga, misalnya. 

Selain berdasarkan minat, Anda juga bisa menentukan produk apa yang ingin Anda jual berdasarkan peluang pasar yang ada. Misalnya Anda menyadari bahwa belum banyak yang menjual pernak-pernik unik untuk anjing atau kucing peliharaan di Indonesia (juga di pasar global, tentunya) maka Anda bisa memilih ceruk tersebut. 

Photo by Kaboompics.com from Pexels

Sebagai pedoman untuk memilih produk dan supplier Anda perlu memperhatikan beberapa pertimbangan sebagai berikut: 

Produk dengan order lebih dari 200: Banyaknya order menunjukkan bahwa terdapat permintaan yang cukup banyak untuk produk tersebut dan supplier tersebut dapat diandalkan. 

Rating 4.5 atau lebih: Hal ini untuk memastikan bahwa hampir semua pelanggan supplier tersebut puas dengan layanan yang diberikan untuk menghindari masalah dikemudian hari dengan pelanggan Anda. 

Free shipping: Produk yang free shipping lebih disarankan karena anda tidak perlu menghitung lagi ongkos kirim yang dapat berbeda untuk dikenakan ke konsumen. Selain itu produk yang gratis ongkir biasanya lebih populer untuk dijual. 

Berjualan di mana? 

Setelah menentukan ceruk pasar, saatnya untuk membuat toko online untuk berjualan. Banyak pilihan untuk hal ini, Anda bisa memulai dengan membuka toko online di marketplace lokal, berjualan di Instagram atau di Facebook Marketplace. 

Sebutlah kita akan membangun toko online sendiri, yang pertama-tama adalah pilihlah nama tokonya atau domain. Pilihlah dengan pertimbangan yang matang karena nama domain akan menggambarkan toko dan merek Anda. Hindari kata-kata yang terlalu panjang dan sulit diingat, gunakan maksimal dua kata. Dan sebisa mungkin gunakan top level domain yang terpercaya seperti .com .id. atau co.id. 

Untuk pilihan desain toko, Anda bisa gunakan platform dari Shopify atau WooCommerce + WordPress, yang banyak dipakai para dropshipper di seluruh dunia. Hosting bisa dengan pihak mana saja, misalnya Hostinger, Register, atau RumahWeb (lokal). Sementara untuk pemakai CMS (content management system) Shopify mengharuskan hosting-nya di tempat mereka juga.

Jika Anda bekerjasama dengan Alidropship dalam dropshipping ini Anda tinggal mengunjungi AliExpress dan mengklik tombol import yang ada di atas browser dan semua foto, informasi, dan varian produk akan ditambahkan secara langsung ke website Anda.

Anda bisa menggunakan plugin Alidropship yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencari produk dan memasukkan produk ke toko online Anda dengan menggunakan fitur filtering mulai dari kategori, kata kunci, volume penjualan, harga dan lain-lain. 

Plugin Alidropship sangat berguna jika Anda menginginkan dropshipping dengan mudah dan tanpa banyak kerja manual. 

Selain memudahkan untuk mencari dan menambahkan produk, Alidropship juga memudahkan anda dalam menangani order yang anda terima nantinya karena Alidropship akan secara otomatis mengorder produk yang dipesan ke AliExpress sesuai dengan alamat pembeli Anda. 

Tidak hanya itu Alidropship juga secara otomatis menyesuaikan perubahan harga dari supplier dan toko Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir rugi (tepatnya: tidak ada untung) karena perubahan harga. 

Memasarkan produk

Setelah menambahkan memajang di toko online kita, setidaknya 30 – 50 produk maka saatnya untuk mulai memasarkan produk Anda. Cara terbaik untuk mendapatkan penjualan adalah dengan mendapatkan traffic gratis.

Anda bisa mendapatkan traffic gratis melalui posting di media sosial atau melalui Search Engine Optimization (SEO). Tapi yang paling mudah adalah dengan mengeluarkan bujet promosi ke media sosial, sebutlah Instagram dan Facebook, selain lebih efektif, target pasarnya juga bisa disasar dengan akurat – mulai dari usia, lokasi, bahkan psikografis mereka.

Jika Anda menjalankan pemasaran dengan giat dan tekun maka tidak akan butuh waktu lama sebelum Anda mendapatkan banyak order dari pembeli. 

Welldropshipping dengan AliExpress dapat menjadi pilihan yang menarik untuk memulai bisnis dropship yang menguntungkan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli persediaan barang dan membayar SDM untuk memulainya sehingga bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai modal terbatas. 

(Firman – IDNtrepreneur)

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article