Kamis, Mei 2, 2024

Mau operasi katarak? Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui!

Must read

Ditinjau oleh Dr. Maria Magdalena Purba, SpM

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar operasi katarak Secara umum, operasi katarak adalah prosedur bedah medis yang dilakukan untuk mengangkat lensa yang keruh lalu diganti dengan lensa buatan yang lebih jernih. Meskipun sering mendengar istilah operasi katarak, ternyata masih belum banyak yang mengetahui lebih lanjut mengenai prosedurnya.

Operasi katarak dapat dilakukan atas saran dari dokter spesialis mata setelah dokter melakukan  pemeriksaan penglihatan secara menyeluruh pada calon pasien.

Hingga saat ini, operasi katarak adalah satu-satunya cara yang terbukti mampu menyembuhkan penyakit katarak.

Penyakit katarak sendiri ditandai dengan mengeruhnya lensa mata, sehingga membuat penglihatan menjadi kabur. Katarak umum terjadi pada lansia dan dapat menyerang pada salah satu atau kedua mata sekaligus.

Bagi Anda atau anggota keluarga yang mengalami katarak dan hendak melakukan operasi katarak, yuk ketahui lebih lanjut mengenai operasi katarak di artikel ini!

Kapan Sebaiknya Operasi Katarak Dilakukan

Ketika katarak masih tergolong ringan dan belum menyebabkan gangguan penglihatan yang signifikan, biasanya dokter belum menyarankan untuk operasi katarak.

Operasi katarak disarankan ketika penderita mengalami gejala berikut ini:

  • Penglihatan kabur;
  • Penglihatan ganda saat melihat objek;
  • Sensitvitas warna dan kontras menurun;
  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap sinar atau mudah silau;
  • Muncul lingkaran cahaya ketika melihat lampu.

Ketika Anda atau keluarga sudah merasakan salah satu gejala di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata. Beri tahu dokter jika Anda memiliki gangguan lain pada mata, terutama glaukoma atau degenerasi makula, karena kondisi tersebut perlu diatasi dulu sebelum dilaksanakannya tindakan operasi katarak.

Anda juga perlu memberi tahu dokter mata terkait obat atau suplemen yang sedang dikonsumsi serta penyakit lain yang diderita seperti Diabetes Mellitus dan lain-lain.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article