Senin, Mei 6, 2024

Revolusi kehilangan kepala

Must read

Untuk menyabotase revolusi, para tuan tanah membakar tanaman pangan mereka. Hantu kelaparan berkeliaran di kota-kota. Kerajaan Austria, Prusia, Inggris, Spanyol, dan Belanda menyiapkan perang melawan Revolusi Prancis yang dikhawatirkan menular, yang telah menghina tradisi dan mengancam tritunggal suci, tahta, wig, dan jubah kepasturan.

Dikepung dari dalam dan dari luar, eevolusi sampai pada titik didihnya. rakyat menjadi penonton drama yang dipentaskan atas nama mereka. Tak banyak yang menghadiri debat. Tak ada waktu. Antrean makanan sangat panjang.

Perbedaan pendapat berakhir di perancah. semua pimpinan revolusi musuh monarki, tetapi di hati sebagian mereka masih memuja raja, dan dengan hak istimewa revolusi, mereka menjadi pemilik kebenaran absolut dan kekuasaan absolut. siapapun yang berani berbeda pendapat dianggap kontrarevolusi sekutu musuh, mata-mata asing, pengkhianat perjuangan.

Marat selamat dari guillotin karena seorang gadis gila menikamnya di bak mandinya.

Saint-Just, terinspirasi oleh Roberspierre, menuding Danton.

Danton, dihukum mati, meminta mereka untuk tidak lupa memajang kepalanya, dan sebagai pusaka ia mewariskan testisnya untuk Robespierre. Ia bilang Roberspierre akan membutuhkannya.

Tiga bulan kemudian, Saint-Just dan Roberspierre dipenggal.

Tanpa disadari pun ditahu, republik yang kacau dan gawat itu mengarah ke kembalinya monarki. Revolusi, yang menjanjikan kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan, berakhir membuka jalan bagi despotisme Napoleon Bonaparte, yang membangun dinastinya sendiri.

Eduardo Galeano

“Mirrors”

Penerjemah: Wardah Hafidz

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article