Minggu, Mei 19, 2024

Siapa raja e-commerce di Indonesia? 

Must read

Kuartal ketiga, Tokopedia di posisi pertama dengan pelanggan 158,1 juta orang. Peringkat kedua Shopee dikunjungi 134,4 juta orang, Bukalapak posisi ketiga dengan kunjungan 30,1 juta orang, posisi keempat adalah Lazada dikunjungi 28,0 juta orang. 

Posisi kelima Bibli dikunjungi 16,3 juta orang, posisi keenam Bhineka dengan kunjungan 12,8 juta orang, posisi ketujuh Orami dikunjungi 5,5 juta orang, kedelapan Ralali dikunjungi 4,5 juta orang, peringkat sembilan JD ID dikunjungi 3,8 juta orang. Zalora menempati posisi sepuluh dikunjungi orang 2,6 juta orang (Bank Indonesia, 2021).

Selama pendemi dua tahun dihasilkan tiga besar korporasi e-commerce beromzet miliaran rupiah. Siapakah itu ? Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Nilai transaksi e-commerce cenderung naik pada Tokopedia dan Shopee.

Akhirnya pandemi yang merugikan banyak negara dan pekerja bulanan maupun pekerja harian. Tetapi ditengah penderitaan masyarakat, e-commerce mengalami pertumbuhan signifikan yang melahirkan marketplace dikunjungi ratusan juta orang bertransaksi triliunan rupiah. 

Karena itu, krisis ekonomi akan melahirkan pengusaha yang melihat tajam setiap peluang. Pada saat yang sama keterbatasan memunculkan banyak orang melakuan keluhan tidak ada kesempatan. Semoga krisis di masa depan melahirkan orang yang membuka peluang sehingga pengangguran berkurang. 

Suryo Winarno adalah Praktisi Kesehatan Kerja dan Lingkungan di Industri Makanan.

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article