Senin, Mei 6, 2024

Konservasi mangrove dalam rangka pemulihan ekosistem di kawasan hutan mangrove Pantai Baros

Must read

Dalam rangkaian acara Road to First Anniversary – Artotel Suites Bianti – Yogyakarta, yang akan berulang tahun yang pertama pada 1 Desember 2022, tim manajemen Hotel beserta rekan-rekan dari KP2B (Keluarga Pemuda Pemudi Baros) melaksanakan kegiatan CSR berupa penanaman bibit mangrove sebanyak 150 bibit di kawasan hutan mangrove pantai Baros, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

Adapun jenis mangrove yang dipilih adalah Rhizhopora Mucronata karena merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove yang paling penting dan paling tersebar luas serta lebih toleran terhadap substrat yang lebih keras dan pasir.  Penanaman mangrove ini dilakukan dengan sistim koloni yaitu mengisi 2 sampai 3 bibit dalam satu lubang dengan jarak tanam minimal 50 cm. Rhizhopora Mucronata ini dapat tumbuh hingga mencapai 27 m dengan diameter 70 cm. 

Hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat secara fisik, ekologis dan ekonomis. Secara fisik manfaat mangrove antara lain, sebagai perlindungan terhadap sedimentasi, abrasi, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta untuk menurunkan emisi karbon.

Secara ekologis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya. Sedangkan secara ekonomis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat rekreasi wisata, serta sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan penangkap ikan, udang, kepiting dan lainnya.

Sebagai sebuah korporasi, kami sangat menjunjung tinggi sustainability perusahaan dan menginginkan standar tertinggi untuk keberlanjutan kita bersama.

“Kami memahami bahwa masalah lingkungan yang sedang berlangsung saat ini seperti polusi, pemanasan global dan perubahan iklim tidak hanya berimbas negatif terhadap operasi kami tapi juga pada lingkungan. Kami ingin terus memberikan kontribusi yang positif dengan program-program sosial kami, sehingga keberadaan kami dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan kepada masyarakat dan lingkungan, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Imant Setiawan, CHA selaku General Manager di Artotel Suites Bianti – Yogyakarta.

Artotel Suites Bianti-Yogyakarta merupakan Luxury Lifestyle Hotel yang menggabungkan estetika terbaik pada desain arsitekturnya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang lengkap sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan tamu dengan konsep gaya hidup melalui Seni dan F&B.  

Sentuhan seni sudah terlihat sejak pertama kali tamu datang, Lobby yang artistik dengan Artspace-nya, 141 kamar dengan Art-Infused desain, serta fasilitas pendukung lainnya yang terbuka untuk umum seperti Tera All Day Dining Restaurant, Barley & Barrel Beer Garden, Vanilla Sky Lounge, Petit Paris Boulangerie dan Pejamata Spa.  

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article