Senin, Mei 6, 2024

Setetes darah, selamatkan banyak jiwa

Must read

“Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama”, pepatah ini menjiwai penerapan tagline Palang Merah Indonesia “Setetes darah, menyelamatkan banyak jiwa”. Dan menjadi spirit visi-misi “Hari Kesehatan Dunia”, kesehatan untuk semua. Serta mendukung pencapaian aksi HKSN 2023 yaitu “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.”

Pasalnya mendonor darah tidak saja memperpanjang kehidupan yang memerlukan darah. Juga meningkatkan kualitas kesehatan pendonor dengan diproduksinya darah baru dalam tubuh pendonor. Idealnya, mendonorkan darah rutin dilakukan setiap tiga bulan.

“Ketika kita tidak mampu berbagi tenaga, membantu orang lain, satu-satunya milik kita yang dapat kita berikan adalah darah kita. Untuk kedua kalinya di tahun 2023, pengurus PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) mengadakan kegiatan aksi donor darah bersama PMI Jember, “ demikian Ketua BPC PHRI Jember Tegoeh Soeprajitno di sela penyelenggaraan donor darah, Senin (6 November 2023).

Berlokasi di Java Lotus Hotel Jember aksi donor darah dengan target mengumpulkan 100 kantung darah. Mulai dari jam 09.00 WIB, peserta berdatangan silih berganti hingga pukul 13.00 WIB

Peserta selain anggota PHRI Jember —staff Java Lotus Hotel, beberapa staff dari hotel lain member PHRI Jember—, tercatat mahasiswa dan akademisi dari Universitas Muhammadiyah, travel agent, dan masyarakat umum.

Perhatian khusus

Pada kesempatan ini, BPC PHRI Jember berkolaborasi dengan beberapa unit layanan kesehatan untuk memberikan nilai tambah bagi peserta donor darah. Peserta mendapat layanan kesehatan dari RS Siloam Jember seperti pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol. Layanan tes kesehatan mata oleh WG Optik Jember.

Aksi donor darah ini menarik minat dan mendapat perhatian khusus masyarakat sekitar hotel. Namun tidak semua peminat dapat menyalurkan minat berbagi dengan yang membutuhkan donor, karena kondisi tubuh yang dinilai belum memenuhi persyaratan mendonorkan darah. Peserta berharap acara donor darah menjadi agenda rutin BPC PHRI Jember. 

Next, kalian gabung juga ya!

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article