Kamis, Mei 2, 2024

United Against TB

Must read

TB Trivia: Menampilkan perpaduan pertanyaan benar-salah dan pilihan ganda, yang mana pemain harus menjawab pertanyaan dengan tepat. Permainan ini menguji pengetahuan pemain tentang TBC untuk mendapatkan poin. Dengan menggunakan deteksi gerak sebagai interaksi antar-muka pengguna, pemain memilih jawaban yang tepat dengan cara memiringkan kepala mereka ke kiri atau kanan. 

Odd-one-out!: Ketuk pada karakter wajah yang tampil di layar secepat mungkin sebelum waktu habis untuk pindah ke kumpulan wajah berikutnya. Semakin cepat pemain mengetuk karakter wajah yang tepat, semakin banyak poin yang didapat. 

Filter Wajah 4-in-1: Pemain dapat memilih empat pilihan filter yang diinginkan sebelum melakukan swafoto. 

Augmented Reality (AR) Filter Instagram untuk program gamifikasi TB Warriors sebagaimana tersebut di atas dapat dilihat melalui link berikut ini: tuberculosiswarriors

Adapun berbagai informasi tentang gerakan sosialisasi ini dapat diakses dalam microsite tbwarriors.com yang menampilkan sejumlah informasi terkait penyakit TBC dan rangkaian kegiatan dalam gerakan ini, seperti video edukasi dengan topik-topik utama seperti ‘Apa itu TBC?’, ‘Gejala TBC’; kemudian kisah kehidupan seseorang yang telah sembuh dari TBC; serta informasi lain yang dapat diunduh.

Di Indonesia, PT Johnson & Johnson Indonesia juga melibatkan influencer dan public figure seperti Dhila Bekti dan Bintang Emon sebagai duta generasi muda untuk memulai keterlibatan dan minat terhadap gerakan sosialisasi ini. 

Pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan target eliminasi TBC pada tahun 2030 dan sangat mengapresiasi dukungan dan berbagai inisiatif dari PT Johnson & Johnson Indonesia yang menunjukkan komitmen perusahaan dalam membantu pemerintah mewujudkan target eliminasi TBC di tahun 2030 mendatang dengan menyelenggarakan gerakan sosialisasi United Against TBC dan mengusung program digital gamifikasi TB Warrior.

Kementerian Kesehatan juga percaya bahwa para generasi muda di Indonesia memiliki potensi besar dalam mempengaruhi perubahan di komunitas mereka ketika dihadapkan pada masalah TBC, dan pihak kementerian juga menyambut kemitraan dari pemimpin kesehatan global seperti PT Johnson & Johnson Indonesia dalam perjuangannya untuk mengakhiri TBC di Indonesia – sebagaimana disampaikan secara tertulis oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan R.I. 

Gerakan sosialisasi United Against TB akan diselenggarakan hingga akhir tahun 2022. Para pemuda dapat berpartisipasi aktif atas berbagai kegiatan yang akan diluncurkan seperti gamifikasi TB Warriors, aktivasi hackathon yang mengajak mereka untuk menghasilkan solusi inovatif dan kreatif penanggulangan TBC di antara generasi muda. 

Devy Yheanne menambahkan, “Gamifikasi memainkan peran besar sebagai bentuk pelibatan generasi muda dalam gerakan ini. Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan efektivitasnya dalam mempengaruhi perilaku mencari kesehatan dan intervensi terkait kesejahteraan. Terlebih lagi, sebagian besar populasi online perkotaan di Asia Tenggara yang adalah gamer, sehingga gamifikasi menjadi pilihan yang tepat untuk mendorong kesadaran dan partisipasi aktif generasi ini.” 

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article